Assalamu'alaikum Wr.Wb...Selamat Datang di Majelis AN_NUR.... Smoga Anda Termasuk Golongan Orang Yang Beruntung

Selasa, 08 Januari 2013

Menjaga Lisan

Setiap ucapan Bani Adam itu membahayakan dirinya (bukan memberi manfaat), kecuali kata-kata berupa amar ma’ruf nahi mungkar ( memerintahkan kebaikan, melarang kemungkaran) dan Dzikrullah Azza wa Jalla (mengingat Allah Azza wa Jalla). (HR Tirmidzi)

Dari Mua'adz bin jabal Nabi saw bersabda:
Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku suatu amal yang dapat memaksukkanku ke dalam surga dan menjauhkankanku dari neraka, "
Beliau berkata : "Sungguh engkau telah menanyakan sesuatu yang besar, tetapi sebenarnya mudah dan ringan bagi orang-orang yang di ringankan oleh Allah SWT.

Yaitu taat mengabdi kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun, berpuasa di bulan Ramadhan dan pergi haji ke baitullah apabila ia mampu.

Kemudian Ia berkata lagi Maukah engkau ku beri tahu tentang pintu-pintu kebaikan?:-/
Puasa itu sebagai perisai, sedekah itu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api, dan sholat di tengah malam.

Setelah itu Nabi saw bersabda:
'Lambung mereka jauh dari tempat tidur, sedang mereka berdo'a kepada Rabb mereka dengan rasa takut dan harap. Mereka menafkakan sebagian rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorang pun tidak mengetahui apa yang di sembunyikan untuk mereka yaitu bermacam-macam nikmat yang menyedapkan terhadap apa yang mereka kerjakan. (QS> As-Sajdah:16-17)

Kemudian Nabi saw bertanya lagi, Maukah engakau aku beri tahukan pokok dari semua itu, tiang, serta puncaknya? Aku menjawab, Tentu wahai Rasulullah.

Nabi saw bersabda, Pokok segala sesuatu adalah Islam, dan tiangnya adalah jihad.
Nabi saw bertanya lagi. Maukah engkau Aku beri tahukan tentang kunci untuk memiliki semua itu, Aku menjawab Tentu wahai Rasulullah, " Maka beliau memegang lidah sambil bersabda, "Tahanlah olehmu ini.

Aku bertanya "Apakah kami akan di tuntut atas apa-apa yang kami ucapkan? Nabi saw Menjawab, Ibumu kehilanganmu! Tidaklah orang tersungkur dalam api Neraka melainkan karena hasil dari lidah mereka. (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

saudara-saudarku ada TIGA KUNCI KESELAMATAN Dari 'Uqbah bin 'Amir ra. Ia berkata, "Aku bertanya, Wahai Rasulullah, apa kiat agar selamat?
Beliau mejawab :
  1. Jagalah lisanmu,
  2. Teplah tinggal di rumahmu, dan
  3. Menangislah mengingat kesalahan (dosa)mu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar